Tips memilih ban untuk mobil mu

https://pixabay.com/

Mobil merupakan salah satu kendaraan yang paling aman untuk digunakan bila dibandingkan dengan sepeda motor dikarenakan mobil memiliki perlindungan yang lebih baik dibandingkan dengan sepeda motor. Begitu pula hal nya saat hujan, menggunakan mobil lebih aman bila dibandingkan dengan menggunakan sepeda motor, selain tidak membuat penggunanya basah karena air hujan, menggunakan mobil saat hujan juga bisa membuat setiap orang lebih terlindungi baik dari kotoran yang terdapat di jalan maupun dari percikan-percikan air yang ada di tanah.

Saat turun hujan grip ban mobil ke aspal tidak akan sebaik pada saat jalanan atau aspal sedang dalam keadaan kering karena biasanya mobil akan lebih mudah kehilangan grip karena jalanan atau aspal yang terkena air hujan maka dari itu ada baiknya untuk memilih ban mobil yang sesuai dengan kondisi jalanan. Berbicara tentang memilih ban Mobil yang sesuai dengan kondisi jalanan anda bisa lihat Rekomendasi Ban Mobil Untuk Musim Hujan.

Setiap ban memiliki alur tersendiri untuk membuang air yang terinjak pada saat mobil dijalankan terutama pada saat mobil dijalankan dengan kecepatan tinggi dimana ban mobil harus benar-benar menyentuh aspal agar mobil tidak mudah drifting yang ujung-ujungnya akan membahayakan nyawa baik untuk driver, penumpang hingga pengendara lain di jalan umum.

Alur ban untuk aspal akan bebeda dengan alur ban yang digunakan untuk mobil Off Road, dikarenakan untuk mobil Off Road membutuhkan ban yang lebih tebal dengan alur ban yang ekstrim setidaknya bisa memberikan grip yang baik saat mobil tersebut digunakan pada kondisi tanah yang basah dan licin terutama untuk mobil yang sering digunakan pada saat kondisi hujan. Sebelum anda mengganti ban mobil anda ada baiknya untuk melihat Pilihan Jenis Ban Untuk Musim Hujan agar ban yang dipilih nanti bisa benar-benar sesuai dengan kebutuhan anda masing-masing.

Harga dari setiap pun berbeda-beda dan biasanya tidak murah, maka dari itulah pentingnya untuk memilih ban yang benar-benar dengan yang dibutuhkan seperti ban untuk kondisi ketika sedang hujan misalnya. Mobil yang memiliki tenaga yang besar tentunya akan membutuhkan ban yang benar-benar memiliki alur ban yang baik agar bisa menahan ban mobil tidak spin pada saat dorongan yang diberikan oleh mesin spontan dan tidak menyebabkan mobil semakin terperosik kedalam tanah jika memang mobil tersebut berada di area yang tidak memiliki aspal seperti Off Road misalnya.
Sejumlah pabrikan mobil seperti Hankook Tire, Pirelli, Sumitomo Ruber Industries, Michielin hingga pabrikan Bridgestone memiliki keunggulan tersendiri dari segi build Quality hingga harga yang mereka tawarkan. Penggunaan ban berdasarkan kategori mobil juga perlu diperhatikan agar tidak salah memilih jenis ban, sebagai salah satu contohnya adalah untu memilih ban untuk mobil sedan maka ada baiknya untuk memilih ukuran ban yang lebar agar daya cengkram ke aspal lebih baik dibandingkan dengan ban yang berukuran kecil, namun kembali lagi ke roda mobil yang digunakan tersebut.

Ban yang baik biasanya akan memberikan daya cengkram yang baik ke aspal pada saat mobi dilajukan dan hal tersebut paling terasa jika mobil sedang anda kendarai karena tidak terlalu berisik dan nyaman saat di duduki pada baris belakang walaupun faktor pendukung lainnya seperti faktor kekedapan cabin dan juga suspensi yang baik juga memiliki peran yang begitu penting.

Malu dijalan Sesat Bertanya

Share this