Cara membuat efek lighting di photoshop

Cara membuat efek lighting di photoshop


Hai teman-teman, apa kabarmu hari ini? aku harap kamu dalam keadaan sehat wal'afiat ya. Pada kesempatan kali ini aku ingin berbagi sedikit tips atau gimana caranya membuat efek lighting pada foto dengan menggunakan software adobe photoshop.


Sebelum kita mulai lebih kedalam tutorialnya teman-teman harus tau dulu nih, sebenarnya efek lighting yang aku maksud itu seperti apa sih? 


Apa itu efek lighting pada foto?


Kalau kita merujuk pada efek lighting pada photosgraphy adalah pencahayaan yang sengaja di atur demi kebutuhan tertentu dalam sebuah foto. Misalnya untuk mendapatkan suasana yang lebih menarik, romantis, atau dramatis.


Nah, itu mungkin sedikit penjelasan mengenai apa itu efek lighting. Namun efek lighting yang ingin aku share di artikel ini adalah, gimana sih kita ngasih efek lighting pada sebuah secara manual dalam teknik mengedit atau bukan ketika kita lagi proses pemotretan. Ini juga dapat membantu si photographernya juga, mana kala mungkin ketika proses pemotretan ternyata efek lighting yang diinginkan tidak sesuai dengan yang di inginkan.


Itulah salah satu sebabnya mengapa artikel ini aku buat. Baik kita langsung aja ke caranya yuk!.


Cara membuat efek lighting di photoshop


Sebenarnya untuk membuat efek lighting ini di photoshop banyak sekali caranya, mungkin ini adalah salah satunya aja, yang menurutku mudah, dan hasilnya juga terbilang sangat luar biasa.


Baiklah, langsung aja ke step :



1. Pilih foto yang tepat


Pastikan kalian memilih foto yang tepat ya, karena menurut ku ini juga sangat mempengaruhi pada hasilnnya nanti. pilihlah foto yang realistis, maksudnya tuh gimana? inikan kita mau nerapin ada efek cahaya yang menyala dalam foto tersebut, ya minimal pilih fotonya yang sedikit aga gelap-gelaplah (kalau istilah kami disini remang-remang gitu) ðŸ˜‚  supaya ketika efek ini di terapkan maka akan kelihatan lebih natural.


2. Proses editing


Setelah kalian punya fotonya sekarang mari kita masuk ketahap editingnya dengan menggunakan photoshop.

  1. Buat layer baru diatas layer foto dan berikan warna hitam. untuk memberikan warna pada layer baru tersebut teman-teman bisa menggunakan tool Paint Bucket Tool dan pilih warna hitam kemudian tekan pada salah foto dan ubah blending modenya ke Screen.
  2. Kemudian kita ke adjustment layer dan pilih Color Balance. untuk pengaturan color balancenya nanti kalian bisa lihat di video aja ya, ada dibawah ini kok.
  3. Ubah layer Color Balancenya agar hanya ngasih efek ke layer yang warna hitam tadi aja, caranya dengan Create Clipping Mask.
  4. Buat layer baru lagi tepat dibawah layer Color balace. dan siapkan Brush tool, ubah ke warna putih kemudian brush pada bagian-bagian yang ingin dikasih efek lightingnya. Atur juga tungkat opacity dan flow nya ya. 
  5. Bikin layer baru lagi tepat diabawah layer color balance tadi. Lakukan lagi pengulangan seperti pada tahap ke 4, cuma disini Brushnya dibikin aga lebih soft dan opacitynya juga lebih kecil. Fungsi kita mengulang step ini adalah untuk menambah kesan pada cahayanya seolah-olah lebih hidup gitu. ehhee. dan selesai.


Baca juga:

Cara perbaiki foto blur secara online


Nah itulah caranya, kalau teman-teman masih bigung bisa tonton aja video berikut ini:


@mukhlismjalil menyala abang kuh🔥🔥🔥 #photoshoptutorial #lightingeffect #tipsandtricks #ironman ♬ Epic Motivational - Viongga Music


Gimana, kerenkan hasilnya. mungkin ada yang nanya kalau ada video kaya gini ngapain di tulis lagi? Jawabannya gini, pada video tersebut saya hanya memperlihatkan proses pengeditan tanpa ada penjelasan, sedikitpun step-step yang kerjain itu aapa aja sih fungsinya, gittuuuuh teman-teman. Meskipun mungkin juga ada yang udah ngerti dengan hanya melihat video tersebut. Jadi kehadiran artikel ini adalah untuk melengkapi video diatas.


Before and after

Cara membuat efek lighting di photoshop, before after
Before and after

Teman-teman kalau mau lihat hasil HD nya ada disini 👉 behance.net/mukhlismj


Nah, itu saja yang dapat aku share pada artikel kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk share artikel ini kesosial media kalian agar teman-teman kalian juga ikut merasakan manfaat dari artikel ini.


terimakasi, sampai jumpa di artikel berikutnya.

Mukhlis MJ.

Post a Comment for "Cara membuat efek lighting di photoshop"