Fakta Menarik tentang Gerhana Matahari Total 8 April 2024



Jelang perayaan Idul Fitri yang sudah dekat, kita tidak hanya menantikan momen kebahagiaan dalam merayakan hari raya, namun juga satu peristiwa alam yang sangat istimewa, yaitu gerhana matahari total (GMT). Fenomena langka ini dijadwalkan akan terjadi pada tanggal 8 April 2024. Namun, sayangnya, Indonesia tidak berada dalam jalur gerhana ini, sehingga kita tidak dapat menyaksikannya secara langsung.


Gerhana matahari total ini akan memberikan pemandangan spektakuler di sejumlah wilayah, seperti Meksiko Utara, sebagian wilayah Amerika Serikat, dan Kanada bagian Tenggara. National Center for Atmospheric Research (NCAR) menyatakan bahwa selama GMT, bulan akan menutupi 100% piringan matahari. Hal yang menarik adalah, selama fenomena ini, kita juga dapat menyaksikan ledakan-ledakan di Matahari.


Ledakan di Matahari terjadi ketika pandangan matahari dari Bumi terhalang oleh bulan, sehingga menyisakan sisi tepi. Saat totalitas gerhana matahari, kita dapat melihat tepian plasma Matahari tanpa hambatan. Namun, apa yang sebenarnya menyebabkan ledakan di Matahari?


Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan bahwa fenomena alam ini memiliki pengaruh pada magnetosfer Bumi. Magnetosfer Bumi adalah lapisan pelindung yang melindungi Bumi dari radiasi partikel berkecepatan tinggi dari Matahari. Daerah-daerah yang terdampak oleh GMT akan menyaksikan ledakan-ledakan di Matahari.


Meskipun Indonesia tidak berada dalam jalur GMT kali ini karena berada pada sisi gelap Bumi atau waktu malam hari saat gerhana matahari total terjadi, namun kita masih memiliki kesempatan untuk menyaksikan fenomena ini secara online, melalui kanal YouTube atau situs web resmi yang menyediakan siaran langsung.


Jadi, meskipun kita tidak dapat menyaksikan GMT secara langsung, kita tetap dapat merasakan keajaiban alam ini melalui teknologi yang ada. Mari bersiap-siap untuk menikmati momen yang langka dan spektakuler ini!


Sumber: kabargarut.pikiran-rakyat.com

Post a Comment for "Fakta Menarik tentang Gerhana Matahari Total 8 April 2024"