Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tantangan Baru : Coba nulis Journaling πŸ“πŸ€¨

Senin, 19 juni 2023 | Pukul 6:30 WIB. 

Hari ini saya mencoba untuk mulai menulis jurnaling, awalnya saya gak tau jurnaling itu apa. Namun setelah saya cari tau ternyata jurnaling itu adalah menulis apapun yang menurut kita penting untuk ditulis, misalnya seperti ide-ide, pemikiran, perasaan dan seterusnya. Ini sebenarnya mirip kaya buku harianlah.

Lucunya setelah saya tau ini, jadinya saya tertantang untuk langsung ingin mencobanya. Buktinya inikan masih jam 6:30 WIB (masih pagi) saya masih belum bisa tidur karena mikirin ini terus, pengen langsung nyobain.

Ya diriku emang begitu sih, atau biasanya orang sebut ini tuh kaya “angat-angat tai ayam” lah gitu

tapi ya semoga aja dengan saya awali di pagi hari ini, kebiasaan ini dapat terus berlanjut yang mungkin dapat menjadikan diri saya ini berubah menjadi lebih baik kedepannya, (paling tidak rajin posting ajalah kedepannya). Amin ya rabbal alamin 🀲

Terus apa sih pentingnya menulis semua itu?

Sebenarnya menulis jurnaling itu punya banyak kelebihan, mungkin diantaranya yang paling saya ingat tuh dapat melepaskan strees, emosional, dan



melacak kebiasaan kita sehari-hari itu ngapain aja. atau kalau misalkan kalian orangnya gak bisa fokus karena over thingking, coba deh kalian nulis, 

apa aja boleh, 

pokoknya apa aja yang terlintas di pikiran kalian tuliskan aja semuanya, 

dan yang perlu teman-teman ketahui hal inilah yang sedang saya lakukan sekarang.

Dan sekarang saya malah bingung sendiri udah ga tau lagi mau nulis apa. Hehehe

Intinya menulis jurnaling itu bisa menigkatkan kreativitas, terus kita juga dapat melacak diri kita, sebenarnya “waktu” kita itu habis ngapain aja, kemana aja sih waktu kita selama ini. Mungkin lebih kurangnya seperti itu.

Dengan kita menulis kebiasan-kebiasan yang kita lakukan setiap harinya, paling tidak sedikit banyaknya kebiasan-kebiasaan yang kita lakukan selama ini tu bakalan keliatan, nanti tinggal kitanya aja deh menyesuaikan diri mau lebih baik lagi apa mau terus-terusan di kebiasaan-kebiasaan yang mungkin dapat merugikan diri kita sendiri.

Menulis jurnaling itu juga ga harus berpatokan berapa banyak kata yang harus ditulis, Panjang pendeknya sebuah jurnaling itu ya menurut saya sih ga ada masalah. Soalnyakan kita nulis ini semua untuk diri kita sendiri bukan untuk orang lain, jadi ya bebas-bebas aja.

Terus lebih bagusnya lagi kalau kita langsung nulis diatas kertas langsung pakek tangan. Karena dari hasil riset saya, banyak yang mengatakan kalau nulis pakek tangan langsung menggunakan kertas atau buku itu dapat membuat otak kita jauh lebih fokus denga apa yang sedang kita lakukan saat itu.

Saya yakin mungkin sebagian orang akan menganggapku sebagai seseorang yang sangat tidak terlihat seperti seorang laki-laki pada umumnya karena pengen melakukan ini, dan kemudian mem Publish nya.

ya kan?? ehehe

Oh iya!! hampir lupa, satu lagi jurnaling itu bebas ya, kita bisa menuangkan semua ide-ide, pemikiran, emosi dll kedalam bentuk tulisan maupun dalam bentuk gambar agar kita dapat memahaminya dengan mudah.

Ya itulah jurnaling pertamaku. Anggap saja ini sebuah coret-coretan yang tidak penting. Namun ini akan tetap saya share ke blog saya demi untuk mengingatkan saya kalau saya punya tanggung jawab untuk blog saya sendiri yang selama ini tidak di isi apa-apa.

Bahkan disini saya sama sekali ga mikirin kosa kata sekalipun, mau itu berbelit-belitkah, tidak beraturankah.. yah biarin aja begitu.

Makasih buat yang udah mau buang-buang waktu kalian kesini ya. Heheee

Post a Comment for "Tantangan Baru : Coba nulis Journaling πŸ“πŸ€¨"