Bahaya Kecanduan Obat Pereda Nyeri

Pixabay

Pada setiap bulan, banyak wanita menggunakan obat penghilang rasa sakit untuk meredakan kram yang menyakitkan. Para ahli telah memperingatkan bahwa mengandalkan banyak obat setiap bulan sebenarnya bisa membuat kamu ada pada risiko beberapa masalah kesehatan yang serius. Nyeri saat periode haid bervariasi dari wanita ke wanita - satu dari lima nyeri bisa sama menyakitkan seperti serangan jantung. Tidak heran kalau banyak yang meraih obat penghilang rasa sakit. Tetapi pil yang terlampau banyak dapat menyebabkan efek samping yang buruk, termasuk tukak lambung, asam lambung dan masalah pencernaan, menurut ahli gastroenterologi Mayo Clinic, Dr Sahil Khanna.

Risiko terbesar datang dengan obat antiinflamasi nonsteroid seperti ibuprofen. Seiring waktu obat tersebut  dapat menyebabkan radang lambung, tekanan darah rendah, refluks, sembelit dan diare.
"Mengonsumsi mereka terlalu banyak dapat memiliki efek samping gastrointestinal yang serius," kata Dr Khanna kepada Mail Online. “Ini sangat berisiko bagi pasien yang juga menggunakan aspirin atau ibuprofen, atau mereka merokok atau minum alkohol."

Masalah-masalah seperti sakit maag bisa luput dari perhatian selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Mungkin tidak sampai pecah atau berdarah lewat usus, akan tetapi menyebabkan rasa sakit yang hebat. "Kadang-kadang ini dapat mengakibatkan kunjungan rumah sakit atau bahkan kunjungan ICU karena sangat cepat pasien-pasien ini dapat berdarah tanpa banyak pemberitahuan."

Kamu tidak disarankan mengonsumsi obat penghilang rasa sakit ini dengan perut kosong dan jangan pernah melebihi 250mg maksimum yang disarankan per hari. Jika kamu secara teratur menggunakan obat penghilang rasa sakit tetapi mereka tidak mengendalikan rasa sakitmu, kamu harus konsultasi dokter umum karena mereka bisa mengetahui kondisi yang mendasarinya seperti endometriosis.

Setiap orang memiliki cara mereka sendiri dalam menangani nyeri haid - kamu dapat mencoba beberapa hal untuk melihat apa yang cocok untukmu. Botol air panas atau kompres panas di daerah panggulmu dapat membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit yang disebabkan oleh kram. Bila tidak memiliki waktu, kamu bisa menggunakan heater pads dari ifree yang dapat digunakan dalam berbagai situasi dan kondisi. Ifree Indonesia bisa kamu dapatkan di apotek-apotek seperti tertera pada website ifree.

Malu dijalan Sesat Bertanya

Share this