Bagaimana cara penanganan pertama pada luka agar tidak membekas?

Designed by Freepik

Adanya luka pada kulit tentu saja menjadi masalah pada semua orang, terlebih lagi jika luka tersebut menimbulkan infeksi, ataubahkan berbekas. Adanya bekas luka tentu saja menjadi hal yang tidak diinginkan bagi semua orang, apalagi untuk para wanita.

Untuk itu, apa saja hal yang dapat kamu lakukan sebagai penanganan luka? Simak beberapa tips bagaimana cara agar luka cepat kering ini ya!

1. Jangan Lupa Membersihkan Luka

Debu atau kotoran lainnya yang menempel pada kulit akan menyebabkan infeksi pada luka jika tidak dibersihkan. Karena itu, jangan lupa untuk membersihkan luka agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

2. Cuci tangan sebelum memegang luka

Tangan yang digunakan untuk membersihkan luka juga harus bebas kotoranya! Mencuci tangan dengan air hangat juga dapat menjadi salah satu usaha agar debu maupun kotoran lainnya tidak menempe lpada luka.

3. Pastikan untuk menghentikan pendarahan

Jika ada darah yang mengalir dari luka, jangan lupa untuk menghentikan pendarahannya dulu sebelum melakukan treatment lainnya ya! Penghentian pendarahan ini bertujuan agar kamu tidak terlalu banyak kehilangan darah.

4. Hati-hati saat membersihkan luka

Gunakan kapas bersih saat membersihkan luka. Oleskan kapas secara lembut dan jangan mengusap luka karena hanya akan membuat luka semakin terbuka dan menyebabkan infeksi.

5. Gunakan air bersih mengalir untuk membilas luka

Jangan langsung menggunakan larutan anti septik untuk menangani luka pertama kali ya. Gunakan air bersih mengalir untuk membersihkan luka dangkal yang tidak memerlukan penanganan lebih lanjut. Alirkan air kepada luka secara lembut dan lakukan selama beberapa menit untuk menghilangkan kotoran yang masihtersisa.

6. Lakukan pembilasan menggunakan larutan garam (larutan saline)

Larutan saline ringan (0,9%) atau yang biasanya disebut larutan isotonic mempunyai kandungan yang sama dengan darah dapat membantu membersihkan luka dan juga mencegah terjadinya infeksi.

7. Jangan percaya mitos

Bersihkan luka dengan menggunakan anti septik yang direkomendasikan untuk membersihkan luka seperti , jangan langsung percaya mitos dengan langsung mengoleskan minyak tawon atau jenis minyak lainnya keluka ya!

Untuk penanganan luka bakar pada kulit yang tepat, kunjungi juga https://www.guesehat.com/penanganan-tepat-ketika-kulit-terbakar

Malu dijalan Sesat Bertanya

Share this