Edit Foto: Gabungin Foto

Edit Foto: Gabungin Foto


Deskripsi : Halo teman-teman, apakarnya kalian hari ini, semoga sehat wal 'afiat ya. Jadi beberapa hari yang lalu whatsapp-ku bunyi dan aku tau kalau itu adalah sebuah pesan dari seseorang yang pastinya orang tersebut ingin menghubungiku, heehehe.. nah pas aku buka whatsapp-nya aku langsung lihat isi pesannya 

"bang bisa tempel-tempelin foto ga?"

bingung dong jadinya, terus aku tanyain tempel-tempelin gimana ya kak?

"digabungin gitu bang"

kemudian foto-fotonya langsung dikirim. Setelah aku pratiin jadinya aku mengerti dari maksud si kakak tersebut yang akhirnya langsung aku eksekusi dengan aplikasi photoshop, dan inilah hasilnya teman-teman.

SEBELUM

inilah dua foto tersebut yang dimaksud. Foto yang sebelah kanan kakaknya minta agar digabungin ke foto yang berada disebelah kiri.

SESUDAH 



Apa pendapat kalian dari hasil akhir dari foto ini, tulis dikolom komentar ya?

Menguak Keunggulan Tiang Pancang Beton dalam Fondasi Bangunan

Menguak Keunggulan Tiang Pancang Beton dalam Fondasi Bangunan

Pembangunan sebuah bangunan yang kokoh dan tahan lama dimulai dengan fondasi yang solid. Di dunia konstruksi, salah satu komponen yang memainkan peran kunci dalam memastikan stabilitas dan ketahanan fondasi adalah tiang pancang beton. Artikel ini akan membahas secara rinci apa itu tiang pancang, manfaatnya dalam pembangunan pondasi, dan mengapa tiang pancang beton adalah pilihan yang unggul dalam industri konstruksi.

Tiang pancang beton, tiang pancang


Apa Itu Tiang Pancang?

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang tiang pancang beton, mari kita pahami konsep dasar tiang pancang. Tiang pancang adalah elemen struktural yang digunakan dalam pembangunan pondasi untuk mendukung beban vertikal dari bangunan. Mereka ditanam ke dalam tanah hingga mencapai lapisan yang cukup stabil di bawah permukaan tanah. Tujuannya adalah untuk menjaga bangunan tetap stabil dan mencegah pergerakan tanah yang dapat merusak pondasi.

Ada berbagai jenis tiang pancang, termasuk tiang kayu, logam, dan beton. Namun, dalam artikel ini, kita akan lebih memfokuskan pada tiang pancang beton, yang semakin populer dalam industri konstruksi.


Manfaat Tiang Pancang untuk Pondasi

Penggunaan tiang pancang dalam pembangunan pondasi membawa sejumlah manfaat yang signifikan:

1. Stabilitas Tambahan

Tiang pancang memberikan stabilitas tambahan pada pondasi dengan menembus lapisan tanah yang tidak stabil atau lemah. Ini mencegah pergerakan vertikal yang dapat merusak fondasi.

2. Pengurangan Pergerakan Horizontal

Selain mengurangi pergerakan vertikal, tiang pancang juga membantu mengurangi pergerakan horizontal yang dapat disebabkan oleh gempa bumi atau perubahan suhu tanah.

3. Kemampuan Menahan Beban Berat

Tiang pancang mampu menahan beban berat bangunan, seperti gedung bertingkat tinggi, jembatan, atau struktur besar lainnya. Ini menjadikannya pilihan ideal untuk proyek-proyek berat.

4. Pembangunan di Daerah Tanah Lunak

Di daerah dengan tanah lunak atau daerah yang rawan banjir, tiang pancang adalah solusi yang efektif untuk memungkinkan pembangunan tanpa risiko kerusakan pondasi akibat perubahan kondisi tanah.

5. Penghematan Biaya

Meskipun pemasangan tiang pancang awalnya dapat terasa mahal, investasi ini dapat menghasilkan penghematan biaya jangka panjang karena mengurangi perawatan dan perbaikan yang diperlukan untuk fondasi.


Kelebihan Menggunakan Tiang Pancang Beton

Tiang pancang beton memiliki sejumlah keunggulan yang menjadikannya pilihan utama dalam konstruksi pondasi:

1. Kekuatan Yang Luar Biasa

Beton adalah bahan yang sangat kuat dan tahan terhadap tekanan. Tiang pancang beton mampu menahan beban yang sangat besar, bahkan dalam kondisi lingkungan yang ekstrem.

2. Tahan Terhadap Korosi

Beton memiliki ketahanan terhadap korosi, yang membuat tiang pancang beton ideal untuk daerah dengan kondisi tanah yang agresif atau tergenang air.

3. Dimensi Yang Konsisten

Tiang pancang beton diproduksi dengan presisi dan memiliki dimensi yang konsisten. Hal ini memastikan bahwa tiang pancang tersebut cocok dengan baik dalam konstruksi, mengurangi risiko kesalahan dalam pemasangan.

4. Umur Panjang

Beton memiliki umur pakai yang panjang. Dengan pemeliharaan yang tepat, tiang pancang beton dapat bertahan selama beberapa dekade tanpa perlu penggantian.

5. Kemudahan Pemasangan

Pemasangan tiang pancang beton relatif cepat dan efisien, yang dapat menghemat waktu dalam proyek konstruksi.


Penerapan Tiang Pancang Beton dalam Proyek Konstruksi

Tiang pancang beton digunakan dalam berbagai jenis proyek konstruksi, termasuk:

1. Pembangunan Gedung Bertingkat Tinggi

Gedung bertingkat tinggi memerlukan fondasi yang sangat kuat. Tiang pancang beton digunakan untuk mendukung beban besar dari struktur ini.

2. Jembatan dan Infrastruktur

Dalam proyek-proyek jembatan dan infrastruktur, tiang pancang beton digunakan untuk mendukung struktur di atas air atau tanah yang tidak stabil.

3. Pabrik dan Kilang

Di fasilitas industri seperti pabrik dan kilang, tiang pancang beton digunakan untuk mendukung mesin-mesin berat dan beban produksi.

4. Rumah-Rumah Tinggal

Dalam pembangunan rumah tinggal, terutama di daerah yang rawan banjir atau memiliki tanah lemah, tiang pancang beton dapat digunakan untuk melindungi rumah dari pergerakan tanah.


Proses Pemasangan Tiang Pancang Beton

Proses pemasangan tiang pancang beton melibatkan beberapa langkah penting:

1. Pengukuran

Lokasi dan kedalaman tiang pancang beton yang diperlukan harus diukur dengan presisi sebelum pemasangan dimulai.

2. Pengeboran

Lubang dibor ke dalam tanah hingga mencapai lapisan yang cukup stabil. Selanjutnya, tiang pancang beton akan ditempatkan di dalam lubang ini.

3. Pengisian dengan Beton

Setelah tiang pancang ditempatkan, beton segar akan diisi ke dalam lubang di sekitar tiang.

4. Penyelarasan

Tiang pancang harus diselaraskan dengan presisi untuk memastikan bahwa fondasi yang akan dibangun di atasnya akan berada dalam posisi yang tepat.

5. Pengerjaan Permukaan

Permukaan tiang pancang dapat dihaluskan atau diperbaiki sesuai dengan kebutuhan proyek.


Nah!!

Tiang pancang beton adalah komponen penting dalam konstruksi fondasi yang kuat dan tahan lama. Dengan kemampuannya untuk memberikan stabilitas tambahan, menahan beban berat, dan tahan terhadap korosi, tiang pancang beton menjadi pilihan utama dalam berbagai proyek konstruksi, termasuk pembangunan gedung bertingkat tinggi, jembatan, dan fasilitas industri. Proses pemasangan yang tepat sangat penting untuk memastikan kinerja optimal tiang pancang beton dalam jangka panjang.

Jika Anda sedang mempertimbangkan penggunaan tiang pancang beton dalam proyek konstruksi Anda atau ingin mengetahui lebih lanjut tentang layanan dan produk yang kami tawarkan, jangan ragu untuk menghubungi kami di tiang pancang beton. Kami siap memberikan informasi lebih lanjut dan membantu Anda dalam setiap tahap proyek Anda.

Tantangan Baru : Coba nulis Journaling ๐Ÿ“๐Ÿคจ

Tantangan Baru : Coba nulis Journaling ๐Ÿ“๐Ÿคจ

Senin, 19 juni 2023 | Pukul 6:30 WIB. 

Hari ini saya mencoba untuk mulai menulis jurnaling, awalnya saya gak tau jurnaling itu apa. Namun setelah saya cari tau ternyata jurnaling itu adalah menulis apapun yang menurut kita penting untuk ditulis, misalnya seperti ide-ide, pemikiran, perasaan dan seterusnya. Ini sebenarnya mirip kaya buku harianlah.

Lucunya setelah saya tau ini, jadinya saya tertantang untuk langsung ingin mencobanya. Buktinya inikan masih jam 6:30 WIB (masih pagi) saya masih belum bisa tidur karena mikirin ini terus, pengen langsung nyobain.

Ya diriku emang begitu sih, atau biasanya orang sebut ini tuh kaya “angat-angat tai ayam” lah gitu

tapi ya semoga aja dengan saya awali di pagi hari ini, kebiasaan ini dapat terus berlanjut yang mungkin dapat menjadikan diri saya ini berubah menjadi lebih baik kedepannya, (paling tidak rajin posting ajalah kedepannya). Amin ya rabbal alamin ๐Ÿคฒ

Terus apa sih pentingnya menulis semua itu?

Sebenarnya menulis jurnaling itu punya banyak kelebihan, mungkin diantaranya yang paling saya ingat tuh dapat melepaskan strees, emosional, dan



melacak kebiasaan kita sehari-hari itu ngapain aja. atau kalau misalkan kalian orangnya gak bisa fokus karena over thingking, coba deh kalian nulis, 

apa aja boleh, 

pokoknya apa aja yang terlintas di pikiran kalian tuliskan aja semuanya, 

dan yang perlu teman-teman ketahui hal inilah yang sedang saya lakukan sekarang.

Dan sekarang saya malah bingung sendiri udah ga tau lagi mau nulis apa. Hehehe

Intinya menulis jurnaling itu bisa menigkatkan kreativitas, terus kita juga dapat melacak diri kita, sebenarnya “waktu” kita itu habis ngapain aja, kemana aja sih waktu kita selama ini. Mungkin lebih kurangnya seperti itu.

Dengan kita menulis kebiasan-kebiasan yang kita lakukan setiap harinya, paling tidak sedikit banyaknya kebiasan-kebiasaan yang kita lakukan selama ini tu bakalan keliatan, nanti tinggal kitanya aja deh menyesuaikan diri mau lebih baik lagi apa mau terus-terusan di kebiasaan-kebiasaan yang mungkin dapat merugikan diri kita sendiri.

Menulis jurnaling itu juga ga harus berpatokan berapa banyak kata yang harus ditulis, Panjang pendeknya sebuah jurnaling itu ya menurut saya sih ga ada masalah. Soalnyakan kita nulis ini semua untuk diri kita sendiri bukan untuk orang lain, jadi ya bebas-bebas aja.

Terus lebih bagusnya lagi kalau kita langsung nulis diatas kertas langsung pakek tangan. Karena dari hasil riset saya, banyak yang mengatakan kalau nulis pakek tangan langsung menggunakan kertas atau buku itu dapat membuat otak kita jauh lebih fokus denga apa yang sedang kita lakukan saat itu.

Saya yakin mungkin sebagian orang akan menganggapku sebagai seseorang yang sangat tidak terlihat seperti seorang laki-laki pada umumnya karena pengen melakukan ini, dan kemudian mem Publish nya.

ya kan?? ehehe

Oh iya!! hampir lupa, satu lagi jurnaling itu bebas ya, kita bisa menuangkan semua ide-ide, pemikiran, emosi dll kedalam bentuk tulisan maupun dalam bentuk gambar agar kita dapat memahaminya dengan mudah.

Ya itulah jurnaling pertamaku. Anggap saja ini sebuah coret-coretan yang tidak penting. Namun ini akan tetap saya share ke blog saya demi untuk mengingatkan saya kalau saya punya tanggung jawab untuk blog saya sendiri yang selama ini tidak di isi apa-apa.

Bahkan disini saya sama sekali ga mikirin kosa kata sekalipun, mau itu berbelit-belitkah, tidak beraturankah.. yah biarin aja begitu.

Makasih buat yang udah mau buang-buang waktu kalian kesini ya. Heheee

Menahan Kentut? Apa yang Terjadi pada Tubuhmu Saat kamu Menahannya

Menahan Kentut? Apa yang Terjadi pada Tubuhmu Saat kamu Menahannya

mukhlismj.com - Kalian pernah ngalamin situasi di mana kalian merasa malu banget untuk melepaskan kentut? Tenang aja, nggak usah sungkan karena kita semua pernah mengalaminya! Tapi pernah nggak kepikiran, apa sih sebenernya akibat dari menahan kentut itu sendiri? Nah, dalam artikel kali ini, kita bakal bahas tentang itu.

akibat dari menahan kentut, blog mukhlis mj

Apa itu kentut?

Terdengar sedikit konyol tapi sebelum kita melangkah lebih jauh, mari kita pahami apa itu kentut. Kentut atau flatulensi adalah proses alami di mana gas yang terperangkap di dalam saluran pencernaan kita dikeluarkan melalui anus. Gas ini terdiri dari nitrogen, oksigen, karbon dioksida, hidrogen, dan kadang-kadang gas sulfur seperti hidrogen sulfida yang memberikan aroma yang khas pada kentut. Biasanya, kita mengeluarkan kentut sekitar 14 hingga 23 kali sehari, meskipun jumlah ini bisa berbeda-beda tergantung pada pola makan dan kondisi kesehatan individu.


Akibat dari menahan Kentut

Sekarang, mari kita bahas akibat menahan kentut. Salah satu akibat langsung dari menahan kentut adalah terjadinya perut kembung atau rasa tidak nyaman di perut. Ketika kita menahan kentut, gas yang seharusnya keluar dari tubuh kita terjebak di dalam usus. Hal ini menyebabkan peningkatan tekanan pada dinding perut dan dapat membuat kita merasa kembung. Rasa tidak nyaman ini dapat semakin parah seiring berjalannya waktu jika kita terus menahannya.

Selain perut kembung, menahan kentut juga dapat mempengaruhi kesehatan sistem pencernaan kita secara keseluruhan. Ketika gas terperangkap di dalam tubuh, ini dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti mulas, kram perut, dan bahkan sembelit. Ketika kita menahan kentut, tubuh kita tidak bisa membuang gas yang seharusnya dikeluarkan, dan ini dapat mengganggu proses pencernaan normal.

Lalu, apa yang terjadi ketika kita terus-menerus menahan kentut? Nah, menahan kentut secara terus-menerus dapat menyebabkan kondisi yang disebut dengan aerofagia. Aerofagia adalah kondisi di mana kita menelan udara secara tidak sadar, baik melalui makanan atau minuman yang kita konsumsi maupun melalui kebiasaan buruk seperti mengunyah permen karet atau merokok. Menelan udara ini dapat menyebabkan penumpukan gas di perut, yang pada akhirnya meningkatkan kebutuhan kita untuk melepaskan kentut. Jadi, menahan kentut secara berlebihan dapat memperburuk aerofagia dan menyebabkan gejala yang tidak nyaman.

Selain dampak langsung pada sistem pencernaan, menahan kentut juga dapat memiliki dampak negatif pada kualitas hidup kita secara umum. Rasa tidak nyaman, perut kembung, dan gangguan pencernaan dapat mengganggu kenyamanan sehari-hari dan membuat kita merasa tidak nyaman dalam berinteraksi dengan orang lain. Jika kita terlalu khawatir tentang bau atau suara kentut yang dapat memalukan, kita mungkin akan cenderung menahan kentut dalam situasi sosial, yang pada akhirnya dapat memengaruhi kualitas hidup kita secara keseluruhan.


Melepaskan kentut secara alami penting untuk kesehatan

beberapa alasan mengapa melepaskan kentut secara alami penting untuk kesehatan kita. Pertama-tama, melepaskan kentut membantu menjaga keseimbangan tekanan dalam saluran pencernaan kita. Ketika gas terperangkap di dalam tubuh, itu dapat menyebabkan ketegangan pada dinding perut dan dapat mempengaruhi fungsi normal sistem pencernaan. Dengan melepaskan kentut secara alami, kita membantu mengurangi tekanan tersebut dan memungkinkan saluran pencernaan kita untuk berfungsi dengan baik.

Selain itu, melepaskan kentut juga dapat membantu mengurangi rasa tidak nyaman yang terkait dengan perut kembung. Ketika kita melepaskan gas yang terperangkap, perut kita bisa merasa lebih lega dan nyaman. Ini juga membantu mengurangi risiko terjadinya gangguan pencernaan seperti mulas, kram perut, dan sembelit.

Ada juga alasan kesehatan yang lebih dalam mengapa kita perlu melepaskan kentut secara alami. Menahan kentut terlalu lama dapat menyebabkan penumpukan gas yang dapat merusak dinding usus dan menyebabkan gangguan serius seperti divertikulitis, yaitu peradangan atau infeksi pada divertikula, yang merupakan kantung-kantung kecil yang bisa terbentuk di usus besar. Selain itu, menahan kentut dalam jangka panjang juga dapat meningkatkan risiko terjadinya hernia atau prolaps, yang merupakan keluarnya organ dalam tubuh melalui celah atau lemahnya otot-otot dan jaringan di sekitarnya.


Tips & triks

Dalam beberapa situasi, kita mungkin merasa tidak nyaman untuk melepaskan kentut, terutama di tempat umum atau di situasi sosial. Namun, ada beberapa tips yang dapat membantu kita menghadapinya dengan lebih baik. 

Pertama-tama, kita bisa mencoba untuk mengatur pola makan kita dengan lebih baik. Beberapa makanan seperti kacang-kacangan, brokoli, kol, bawang putih, dan minuman berkarbonasi dapat meningkatkan produksi gas dalam tubuh. Mengurangi konsumsi makanan ini atau mengonsumsinya dengan bijak dapat membantu mengurangi jumlah gas yang dihasilkan.

Selain itu, kita juga bisa mencoba teknik pernapasan dan relaksasi untuk mengurangi kecemasan yang terkait dengan melepaskan kentut di tempat umum. Teknik pernapasan dalam yang dalam dan perlahan dapat membantu mengurangi ketegangan dalam tubuh dan meningkatkan rasa tenang.

Terahir, jangan malu untuk langsung kekamar mandi saja, ngapain jugakan ditahan-tahan. mending langsung ke kamar mandi aja dan segera lepaskan "Buuuummmm" ehhee..

 

Konsultasi ke dokter

Jika kita mengalami masalah yang serius terkait dengan kentut, seperti kentut yang sangat berlebihan, berbau sangat busuk, atau disertai dengan gejala lain seperti nyeri perut yang parah, penting untuk berkonsultasi dengan dokter. Dokter dapat membantu melakukan pemeriksaan dan diagnosis yang tepat, serta memberikan saran dan pengobatan yang sesuai untuk mengatasi masalah tersebut.


Kesimpulan

Jadi, teman-teman, penting bagi kita untuk menyadari bahwa menahan kentut dapat memiliki akibat yang tidak baik bagi kesehatan kita. Melepaskan kentut secara alami adalah bagian normal dari proses pencernaan dan penting untuk menjaga keseimbangan tubuh kita. Jika kita merasa tidak nyaman atau khawatir tentang melepaskan kentut di depan orang lain, kita bisa mencoba mengatur pola makan kita, menggunakan teknik pernapasan dan relaksasi, atau berkonsultasi dengan dokter jika masalah terus berlanjut. Ingatlah bahwa kesehatan kita adalah prioritas, dan menjaga keseimbangan tubuh termasuk dalam hal melepaskan kentut dengan alami.

Sekian artikel mengenai akibat menahan kentut ini, semoga bermanfaat dan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya melepaskan kentut secara alami. Jaga kesehatan kita dan jangan ragu untuk menjaga keseimbangan tubuh kita dengan menghormati proses-proses alami yang terjadi di dalamnya.

Cara memperbaiki foto lama yang rusak

Cara memperbaiki foto lama yang rusak

Ada sesuatu yang istimewa dengan foto-foto lama, bukan? Mereka membawa nostalgia dan kenangan yang tak ternilai harganya. Namun, seiring berjalannya waktu, foto-foto lama bisa mengalami kerusakan, pudar, atau rusak. Jangan khawatir! Di artikel ini, saya akan membagikan beberapa langkah sederhana tentang cara memperbaiki foto lama Anda agar tetap terjaga dan dapat dinikmati untuk generasi mendatang. Mari kita mulai!

perbaiki foto lama yang rusak


Pembersihan Fisik

Sebelum memperbaiki secara digital, penting untuk membersihkan foto lama Anda secara fisik dulu. Bersihkan debu dan kotoran dengan hati-hati menggunakan kuas lembut atau kain mikrofiber. Pastikan tangan Anda bersih dan kering saat menyentuh foto untuk menghindari meninggalkan noda atau bekas sidik jari.


Digitalisasi Foto

Langkah selanjutnya adalah mendigitalkan foto lama Anda. Teman-teman bisa gunakan kamera hp atau saran saya sih gunakan scanner berkualitas tinggi untuk menghasilkan gambar dengan resolusi yang lebih baik. Pastikan untuk menyesuaikan pengaturan scanner agar sesuai dengan kebutuhan dan menjaga detail serta warna asli foto.


Aplikasi memperbaiki foto lama 

Sebenarnya ada banyak sekali aplikasi yang mempunyai fitur atau dapat memperbaiki foto lama yang udah rusak. yang paling populer sekarang orang-orang pada pakai Remini. Cuma kalau saya sendiri sih kurang suka karena tidak semua foto bisa, kadang-kadang hasilnya justru malah aneh.

kalau saya sih paling pakek Photoshop aja dan mungkin kadang-kadang sedikit memanfaatkan website-website Ai.


Perbaiki Kecerahan dan Kontras

Setelah foto lama Anda terdigitalkan, Anda dapat menggunakan perangkat lunak pengeditan foto seperti Adobe Photoshop atau GIMP untuk memperbaiki kecerahan dan kontrasnya. Koreksi eksposur dan bayangan yang tidak seimbang, serta atur tingkat kontras agar gambar terlihat lebih hidup dan jelas.


Menghilangkan Goresan dan Kerusakan

Foto lama seringkali memiliki goresan atau kerusakan fisik. Untuk memperbaikinya secara digital, Anda dapat menggunakan alat perbaikan seperti "Spot Healing Brush" atau "Clone Stamp" yang ada di perangkat lunak pengeditan foto kaya photoshop. Dengan hati-hati, perbaiki goresan, retak, atau bintik-bintik yang mengganggu pada foto agar kembali tampak mulus.


Restorasi Warna

Jika foto lama kamu mengalami pemudaran warna atau kehilangan warna sepenuhnya, kamu dapat menggunakan fitur restorasi warna pada perangkat lunak pengeditan foto. Dengan metode manual atau menggunakan pemulihan warna otomatis, kembalikan kehidupan warna asli fotomu.


Perbaiki Detail dan Teks

Beberapa foto lama mungkin memiliki detail yang kabur atau teks yang tidak jelas. Gunakan alat penajaman seperti "Sharpen" atau "Unsharp Mask" untuk memperbaiki detail yang hilang. Jika ada teks yang kabur atau pudar, gunakan alat pengeditan teks untuk mengembalikan kejelasan dan kekuatan pesan yang terkandung dalam foto. karena menurut saya semua yang ada didalam sebuah foto itu adalah sebuah kenangan (memory) yang seharusnya tetap terjaga.


Simpan dengan Format dan Kualitas yang Tepat

Setelah selesai memperbaiki foto lama kamu, pastikan untuk menyimpannya dalam format yang sesuai. Pilih format seperti TIFF atau PNG yang tidak mengorbankan kualitas gambar. Simpan salinan (biasanya kita sering dengar File mentahannya) agar foto asli tetap terjaga dan dapat diperbaiki kembali jika diperlukan dimasa depan


Jasa Perbaikan Foto Rusak 

Jika kamu tidak ingin repot-repot dalam memperbaiki foto lama yang rusak, saya hadir untuk membantu kamu-kamu semua. Saya menyediakan jasa perbaikan foto rusak sehingga kamu dapat mengembalikan foto-foto bersejarah kamu ke keadaan yang optimal tanpa harus melakukannya sendiri.

Dengan pengalaman dan keahlian dalam memperbaiki foto lama yang rusak, pudar, atau rusak akibat goresan atau lipatan, saya dapat mengembalikan kejelasan, warna, dan detail yang hilang pada foto Anda.


Prosesnya mudah! 

Kamu hanya perlu mengirimkan foto-foto yang perlu diperbaiki kepada saya, dan saya akan melakukan analisis dan penilaian kerusakan pada setiap foto. Saya akan memberikan estimasi biaya dan waktu yang dibutuhkan untuk perbaikan.

Saya memahami betapa berharganya foto-foto kenangan kamu, oleh karena itu, saya menjaga kerahasiaan dan keamanan foto-foto yang kamu serahkan kepada saya. Setelah perbaikan selesai, saya akan mengirimkan hasilnya dalam format digital yang dapat kamu simpan dan cetak.

Jangan biarkan foto-foto lama yang rusak terabaikan. Dengan menggunakan jasa perbaikan foto rusak kami, kamu dapat memulihkan foto-foto tersebut agar tetap terjaga dan dapat dinikmati oleh generasi mendatang.

Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan dan harganya, silakan hubungi saya melalui [Whatsapp : 0822 6062 4622]. Dapatkan kembali keindahan dan kenangan yang tak ternilai dari foto-foto lama kamu dengan bantuan jasa perbaikan foto rusak dari kami.


Jangan Ragu

jika teman-teman masih ragu dengan jasa kami, kamu bisa lihat portfolio saya disini.

Atau bisa juga lihat-lihat instagram : @mukhlismjalil 

berikut saya kasih video prosesnya gimana cara saya dalam memperbaiki foto lama yang sudah rusak.


Video Proses perbaikan foto rusak

@mukhlismjalil Perbaiki foto rusak. #fixphoto #tutorialeditfoto #photoshop #editfoto ♬ Stories 2 - Danilo Stankovic

kalau teman-teman masih pengen lihat video-video lainnya boleh langsung aja ke Tiktok saya @mukhlismjalil

terimakasih semoga bermanfaat.

Memilih Warna yang Cocok untuk Poster dan Menarik Perhatian

Memilih Warna yang Cocok untuk Poster dan Menarik Perhatian

Poster merupakan salah satu bentuk media visual yang efektif untuk menyampaikan pesan atau mempromosikan suatu acara, produk, atau layanan. Salah satu faktor utama yang dapat menarik perhatian target audiens adalah penggunaan warna yang tepat. 

memilih warna yang cocok untuk poster, mukhlis mj, warna poster
Source : FFFLYER

Misalnya perpaduan warna yang bagus untuk poster itu seperti apa?. Karena  warna dalam desain poster memiliki kekuatan untuk mempengaruhi emosi, menciptakan suasana, dan mengomunikasikan pesan secara visual. 

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara detail tentang warna yang cocok untuk poster dan bagaimana mereka dapat meningkatkan daya tarik visual.


1. Pentingnya Warna dalam Desain Poster

Warna adalah salah satu elemen penting dalam desain grafis (termasuk poster). Warna memiliki kekuatan untuk mengirim pesan, membangkitkan emosi, dan menciptakan koneksi visual dengan audiens. Dalam konteks poster, pemilihan warna yang cocok atau warna yang tepat dapat membuat poster jadi lebih menarik, membedakannya dari pesaing, dan meningkatkan tingkat respons dari target audiens.


2. Psikologi Warna

Sebelum kita membahas warna-warna yang cocok untuk poster, penting untuk memahami psikologi warna. Setiap warna memiliki asosiasi dan dapat mempengaruhi mood dan persepsi seseorang. Berikut adalah beberapa contoh asosiasi warna umum:

  • Merah - Berani, energik, dan bersemangat.
  • Biru - Damai, tenang, dan terpercaya.
  • Hijau - Segar, alami, dan berkelanjutan.
  • Kuning - Ceria, optimis, dan kreatif.
  • Ungu - Mewah, kreatif, dan misterius.
  • Oranye - Hangat, berani, dan bersemangat.


3. Warna-warna yang cocok untuk poster

Setelah kita memahami Psikologi warna diatas, disini akan aku coba jabarin lagi ya, supaya tema-teman  tidak kebingungan, dan bisa memahami ini dengan jauh lebih mudah. Nah! berikut ini cara kita nerepin warna-warna tersebut kedalam artikel kita.


 a. Merah

Merah adalah warna yang kuat dan menarik perhatian. Warna ini cocok digunakan untuk poster yang ingin menekankan keberanian, semangat, atau urgensi. Misalnya, poster konser musik rock atau acara amal yang membutuhkan perhatian segera.


b. Biru

Biru adalah warna yang menenangkan dan dapat menciptakan rasa kepercayaan. Warna ini cocok untuk poster yang ingin menekankan keteduhan, ketenangan, atau keandalan. Misalnya, poster perusahaan asuransi atau seminar motivasi.


c. Hijau

Hijau adalah warna yang menggambarkan alam dan keberlanjutan. Warna ini cocok digunakan untuk poster yang berhubungan dengan lingkungan, pertanian, atau produk organik. Misalnya, poster acara Earth Day atau kampanye penghijauan.


d. Kuning 

Kuning adalah warna ceria dan energik. Warna ini cocok untuk poster yang ingin menarik perhatian dan memberikan kesan optimisme. Misalnya, poster pameran seni atau festival musik.


e. Ungu

Ungu adalah warna yang elegan dan misterius. Warna ini cocok digunakan untuk poster yang ingin menunjukkan eksklusivitas, kreativitas, atau kemewahan. Misalnya, poster pesta perayaan ulang tahun atau peluncuran produk mewah.


f. Oranye

Oranye adalah warna yang hangat dan bersemangat. Warna ini cocok untuk poster yang ingin menonjolkan semangat, kegembiraan, atau antusiasme. Misalnya, poster olahraga ekstrem atau konser musik pop.


4. Pemilihan Warna yang Harmonis

Selain memilih warna yang sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan, penting juga untuk memilih kombinasi warna yang harmonis untuk poster. Beberapa prinsip dalam pemilihan warna yang harmonis antara lain:

teori warna, mukhlis mj, warna harmonis


a. Analogus

Menggunakan warna yang berdekatan dalam lingkaran warna. 

Misalnya, merah dan oranye.


b. Komplementer

Menggunakan warna yang saling melengkapi dalam lingkaran warna. 

Misalnya, merah dan hijau.


c. Monokromatik

Menggunakan variasi nilai (terang-gelap) dari satu warna. 

Misalnya, biru muda dan biru tua.


5. Menggunakan Warna dengan Tepat

Selain memilih warna yang tepat, penting juga untuk menggunakan warna dengan lebih efektif dalam desain poster. Beberapa tips untuk menggunakan warna dengan efektif adalah:


a. Gunakan warna sebagai poin fokus

Pilih satu atau dua warna utama untuk menonjolkan elemen penting dalam poster, seperti judul acara atau produk yang dipromosikan.


b. Kontras warna

Pastikan ada cukup kontras antara warna teks dan latar belakang agar teks mudah terbaca.


c. Konsistensi warna 

Gunakan palet warna yang konsisten dalam seluruh poster untuk menciptakan kesatuan visual.


Catatan :

ingat ya teman-teman, ini ga harus melulu kaya gini, karena persepsi warna itu sangat subjektif, penilaian atau pendapat setiap orang dalam hal ini mungkin bervariasi antara orang-orang yang berbeda. karena mengingat desain itu juga ga hanya soal warna tapi juga soal selera kan?.


Pemilihan warna yang tepat dalam desain poster dapat membuat perbedaan yang signifikan dalam menarik perhatian audiens dan menyampaikan pesan dengan efektif. Dengan memahami psikologi warna dan menggunakan kombinasi warna yang harmonis, kita dapat menciptakan poster yang menarik, mewakili merek atau acara dengan baik, dan meningkatkan tingkat respons dari target audiens. Selalu ingat bahwa warna memiliki kekuatan besar dalam komunikasi visual, dan dengan menggunakan warna dengan tepat, poster Anda dapat menjadi karya seni yang menakjubkan dan efektif dalam mencapai tujuan yang diinginkan.

Cara Menabung dengan Gaji 500 Ribu - Tetap Santai, Tetap Menabung!

Cara Menabung dengan Gaji 500 Ribu - Tetap Santai, Tetap Menabung!

mukhlismj.com - Jadi, kamu punya gaji sebesar 500 ribu rupiah per bulan. Meskipun nominalnya terbatas, bukan berarti kamu tidak bisa menabung, kok!. Dalam artikel ini, aku akan memberikan beberapa tips yang bisa membantu kamu mengelola keuangan dengan bijak dan tetap bisa menabung meskipun dengan gaji yang terbatas.

Cara Menabung dengan Gaji 500 Ribu, mengelola gaji 500 ribu, mukhlis mj

Mulai dengan Membuat Anggaran

Nah, yang pertama kali harus kamu lakukan adalah membuat anggaran yang jelas dan realistis. Catat semua pengeluaran bulananmu, mulai dari tagihan listrik, air, hingga biaya transportasi dan lain sebagainya. Nah, setelah itu, tentukan jumlah yang ingin kamu tabung setiap bulan. Dengan membuat rencana keuangan yang jelas, kamu bisa tahu kemana aja duitmu abis selama ini dan mencari cara untuk menghemat.


"Mengintip" Pengeluaran yang Bisa Dikurangi

Setelah kamu punya gambaran yang lebih jelas tentang pengeluaranmu, saatnya kamu coba "mengintip" pengeluaran yang bisa dikurangi. Coba deh cari tahu ada biaya yang bisa kamu hilangkan atau kurangi ga. 

Misalnya aja nih, mungkin kamu bisa beli paket internet yang jauh lebih murah ketimbang sekarang, atau Kamu juga bisa mencoba memotong pengeluaran kecil-kecilan yang sebenarnya bisa memberikan pengaruh besar pada tabunganmu nanti. kan lumayan tuh.


Menabung Otomatis

Salah satu cara paling praktis untuk menabung dengan gaji terbatas adalah dengan membuat proses menabung menjadi otomatis. Buka rekening tabungan terpisah dan atur transfer otomatis setiap bulan dari rekening gajimu. Jadi, kamu nggak akan tergoda untuk menggunakan uang yang harusnya ditabung. Sekarang, pikirkan menabung seperti membayar tagihan bulanan lainnya, seperti tagihan listrik atau air.

dengan begitu kita akan selalu konsisten dalam menabung, ya kan.


Cari Sumber Pendapatan Tambahan

Nah, ini boleh banget sih, Kalau kamu bisa, coba deh cari sumber pendapatan tambahan untuk meningkatkan penghasilan bulananmu. Kamu bisa cari pekerjaan sampingan paruh waktu (Freelance) yang sesuai dengan hobi kamu,  menjalankan usaha kecil-kecilan, atau bahkan mungkin kamu juga bisa menjual barang-barang yang nggak kamu butuhin lagi. Pendapatan tambahan ini bisa langsung dialokasikan untuk menambah tabunganmu.

ingat ya, ini tu buat nabahin isi dari tabunganmu, bukan malah berfoya riya. heheee


Jaga Konsumsi yang Nggak Perlu

Selain mencari pengeluaran yang bisa dikurangi, kamu juga harus berusaha mengurangi konsumsi barang-barang yang nggak perlu. Coba deh berpikir dua kali sebelum membeli barang-barang mewah atau mengikuti tren terbaru. Fokuslah pada kebutuhan dasar dan belanja dengan bijak. Dengan mengurangi konsumsi yang nggak perlu, kamu bisa menghemat uang yang lebih banyak untuk ditabung.


"Gelut" dengan Utang dan Kewajiban Keuangan

Kalau kamu punya utang atau kewajiban keuangan lainnya, usahakan untuk menguranginya. Utang yang besar atau pembayaran bulanan yang tinggi bisa jadi penghalang untuk menabung. Coba buat strategi untuk melunasi utang secepat mungkin. Kamu bisa mengalokasikan sebagian tabungan bulananmu untuk membayar utang atau mencari cara untuk merenegosiasi pembayaran utang agar lebih terjangkau.


Terus Tingkatkan Pengetahuan Keuanganmu

Terakhir, jangan lupa untuk terus meningkatkan pengetahuanmu tentang keuangan pribadi dan investasi. Baca buku, ikuti kursus online, atau cari informasi dari sumber terpercaya tentang cara mengelola keuangan dengan bijak dan menginvestasikan uangmu untuk masa depan yang lebih baik. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang keuangan, kamu bisa mengoptimalkan tabunganmu dan meraih pertumbuhan yang lebih maksimal.

Jadi, menabung dengan gaji terbatas seperti 500 ribu rupiah sebulan memang membutuhkan perencanaan dan disiplin yang baik. Tapi ingat, setiap langkah kecil yang kamu lakukan untuk menghemat dan menabung akan memberikan hasil yang besar dalam jangka panjang. Jadi, tetap santai, tetap menabung, dan kamu akan melihat tabunganmu bertumbuh seiring berjalannya waktu.

Semoga bermanfaat