Cara Membangun Personal Branding Unik dan Menarik

Cara Membangun Personal Branding Unik dan Menarik

Cara membangun personal branding - Bagi para freelancer dan pengusaha, membangun personal branding sangatlah penting untuk jaman sekarang. karena Siapa pun yang bisa mengakses internet dan media sosial dapat membangun audiensnya masing-masing, disana kamu bisa mempromosikan keahlianya, sehingga dapat menarik klien untuk bisnis mu. Dan itulah yang dilakukan oleh kebanyakan orang sekarang.
cara membangun personal branding
pixels

Apa itu Personal Branding? Personal Branding sederhananya adalah usaha/upaya yang dilakukan untuk memperkenalkan IMAGE dirinya kepada khalayak orang. Kamu mau dikenal sebagai apa? Keahlianmu apa?. Sehingga hal itu membuat persebsi orang terhadap identitasmu.



Tujuan membangun personal branding itu apa?

Tujuan membangun personal branding sebenarnya hanyalahUntuk membangun audiensmu yang spesifik atau istilah keren sekarang itu followers, sehingga nantinya Ketika kamu ingin menjual apapun yang bisa kamu jual akan mudah, karena audiensnya tepat.

Manfaat membangun personal branding:

Mendapatkan kepercayaan

Dengan membangun personal branding, dapat meberikan kepercayaan kepada audiens, karena Ketika kamu dikenal dengan keahlianmu, orang-orang akan lebih mudah percaya dengan apa yang nanti kamu tawarkan kepada mereka sesuai dengan keahlianmu tentunya. Meskipun kamu punya pesaing, tentu saja dimata audiensmu, kamu itu lebih special ketimbang yang lain, karena kamu punya brand yang kuat.


Bisa membangun nertwork

Ketika personal brandingmu berhasil dan dikenal banyak orang, yang dengan jelas mengartikulasikan siapa Kamu, apa yang Kamu lakukan, ini dapat membangun nertwork yang luas pula, karena kamu akan dilirik banyak orang bahkan perusahaan besar mungkin bisa mengajak kerja sama denganmu untuk membantu perusahaan mereka.


Dapat Menarik lebih banyak klien

Kalau personal brandingmu kuat, ini dapat mempengaruhi klien. Karena ketika kamu memposisikan image mu disebuah perusahan atau produk tertentu, dapat memberikan kepercayaan yang lebih kepada klien perusahaan atau produk tersebut.

Lihat aja peruhasaan besar misalnya kaya marketplace shopee, mereka rela menghabiskan banyak uang untuk mengajak kerja sama dengan cristiano ronaldo. Itu tujuannya untuk apa? Ya tentu saja untuk menarik klien yang lebih banyak.

Bisa aja shopee udah punya klien tapi itu adalah salah satu usaha untuk meyakinkan lagi kepada klien mereka. Bahwa mereka itu tidak main-main. Dan tentu saja fansnya CR7 juga bisa jadi peluang untuk menjadi klien barunya shopee.


Kenapa Kamu perlu membangun Personal Branding?

Membangun bisnis sesuai dengan skillmu, misalnya (sebagai penulis, pembicara, freelancer, disain grafis, dll.) tentu saja akan memudahkan bisnismu berkembang. Kenapa?

Karena imagemu = image bisnismu.

Personal brandingmu adalah apa yang membedakan Kamu dari yang lain (pesaingmu), membantu membentuk kesan di benak audiens dan pelanggan Kamu. Jadi kamu akan lebih menonjol dari yang lain.


Terus gimana Caranya membangun Personal Branding?

Cara membangun personal branding yang unik,menarik & Menguntungkan

Disini saya mencoba untuk menguraikan, giamana sih caranya membangun personal branding yang unik,menarik dan menguntungkan tentunya dangan langkah-langkah berikut:


Tentukan siapa diri kalian

Langkah pertama untuk membangun personal branding yang kuat adalah dengan menjadi dirimu sendiri. Prinsip utama disini adalah keunikan (otentik).

Sebenarnya dari lahir kita itu sudah unik sih, karena manusia ini diciptakan dengan berbagai macam kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Jadi kamu harus melihat potensi apa yang ada didalam dirimu sehingga potensi ini dapat menutupi kekurangan mu. Dari sinilah membangun personal branding dimulai

Caranya bagaimana?

Ini aku kasih beberapa tips.

Untuk mencari potensi diri, ini macam-macam, beda orang beda caranya, bisa dari hal hal yang disenanginya, misalnya hobi, atau paling sering dilakukan apa? Coba tanyakan kediri kalian masing-masing dengan beberapa pertanyaan dibawah ini.

  • Kira-kira keterampilan apa yang kamu peroleh sepanjang hidupmu?
  • Atau topik apa yang paling kamu senangi?
  • Hal apa yang membuatmu menarik?
  • Pelatihan apa yang sudah kamu ikuti dan kamu menguasai skill tersebut?
  • Apa yang kamu perjuangkan selama ini?
  • Apa yang kamu lawan?


Mungkin beberapa pertanyaan diatas dapat membantu menjawab kira-kira potensi apa yang ada dalam dirimu.

Atau Kalau pertanyaan diatas justru tidak membantu? masih terlihat samar samar, kita lanjut lagi dengan beberapa pertanyaan berikut:

  • Kamu ingin dikenal karena apa?
  • Jika Kamu dikenal sebagai pakar dunia tentang topik XYZ atau ABC, apakah itu?
  • Mengapa Kamu ingin membangun brand pribadi?
  • Apa tujuanmu?
  • Siapa yang ingin Kamu pengaruhi?
  • Apa yang ingin Kamu capai?


Gimana? Sejauh ini sepertinya udah terlihakan, potensi apa yang kamu miliki.


Kembangkan skill yang kamu miliki

Setelah menentukan skill kalian, step selanjutnya terus kembangkan skill tersebut, terus belajar, bisa dengan cara membeli buku, baca artikel dari Google, belajar di vedio youtube, dll.

Selalu asah kemampuan kalian sampai kalian benar-benar jago di bidang tersebut. Ini fungsinya untuk apa, selain memantapkan, mematangkan diri dari skillnya hal ini juga dapat membentuk karakteristik kalian.

Optimalkan Sosial Media

Langkah selanjutnya untuk membangun personal branding, setelah kamu tau siapa dirimu? Skill apa yang kamu punya?, sekarang kita manfaatkan fasilitas yang kita punya misalnya sosial media. coba kamu share disosial media yang kalian punya. Terserah dimanapun.

kalian senangnya diamana, instagram misalnya atau tiktok kalau sekarang, youtube, bahkan difacebook juga bisa. Atau kalau mau terlihat lebih profesional kalian bisa bikin website pribadi yang bisa memperlihatkan portfolio kerjaan kalian/ sesuatu yang mewakili skill kalian.

Kembangkan kontennya sesuai dengan skill yang kalian miliki. Kalian bisa bikin konten-konten tutorial, atau tips and Tricks berdasarkan dengan keahlian kalian masing-masing.

Intinya disini kita mencoba untuk mengumpulkan audiens yang sesuai dengan apa yang kita mau. Jadi jangan pernah kalian share atau posting konten-konten yang aneh ya, karena ini dapat mempengaruhi Value dari personal branding kalian terhadap klien nantinya.


Pilih target audiens yang tepat

Kesalahan paling terbesar yang biasanya kita lakukan dalam membangun personal branding adalah berusaha menarik semua orang untuk menyukai kita. Padahal faktanyakan tidak semua orang menyukai kita.

Ini mungkin terlihat berlawanan dengan apa yang biasa kita ketahui bersama. Namun, jika kamu memaksa diri untuk mencoba agar disukai semua orang, percayalah kamu tidak akan bisa menarik siapapun.

Kamu harus melakukan polarisasi agar menonjol. Kalau misalkan ada orang yang tidak menyukai kamu itu hal yang biasa tidak usah dipikirkan.

Ingat!! Kamu tidak perlu menjangkau semua orang untuk membangun bisnis yang sukses. Kamu hanya perlu menjangkau klien yang ideal untuk mu.


Membangun bisnis

Nah sampai disini, aku anggap kalian udah mulai punya audiens. Step selanjutnya Ketika audiens sudah mulai terkumpul, kalian bisa mempelajari dulu kriteria audiens kalian itu seperti apa.

Misalnya :

Kebanyakan audiens kalian itu usianya berapa sih? Anak muda? Atau orang yang usianya udah lanjut? Dan lain sebagainya.

Sehingga nantinya dengan kalian tau siapa audien kalian, ini dapat membantu dalam menentukan kira-kira bisnis apa yang tepat untuk kalian bangun yang sesuai dengan skill kita juga tentunya.

Sehingga disinilah bisnis kita mulai dibangun, dan mencoba untuk memperkenalkan bisnis kalian ke audiens.

Kalau audiens kalian ideal? Udah bisa dipastikan besar kemungkinan, kalian jual apa aja udah pasti laku.


Nah mungkin itu saja yang dapat aku bagikan kali ini, kalau kalian merasa ini artikel bermanfaat jangan ragu untuk share artikel ini di sosial media kalian. Dan buat yang mau berkomentar langsung aja pencet tombol LOAD COMMENTS, nanti akan keluar kolom komentarnya.

Terimakasih.


note:

#cara membangun personal branding di media sosial

Load comments