Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengatur Perencanaan keuangan bulanan

Pixabay

Pernah ga kalian merasa diri kalian itu sangat kaya raya ketika baru saja ambil gajian. Tapi tiba-tiba mingggu depan uang kalian langsung abis lenyap seketika dan tidak tau kemana. Hehee

Nah, sebelum kita bahas ini lebih jauh, saya mau DISCLAIMER dulu, kalau saya ini bukanlah orang yang ahli dibidang ke uangan, ga expert sama sekali, yang saya share disini adalah berdasarkan apa yang saya tau (hasil Riset) dan berdasarkan pengalaman pribadi. 

tidak niat untuk menggurui karena disini kita sama-sama belajar

Sampai disini beres yah!😁

Baik, kita lanjut lagi.

Jadi kalau kalian masih bingung dan mempertanyakan:

Apa sih yang membuat uangku cepat habis?

Apakah dicuri sama TUYUL? 

Jawabannya: iya!!

Kamu sendiri TUYULnya. hehehee 

Sebenarnya ini hanyalah faktor kebiasaan. Kalau kalian dasarnya tipe orang yang boros, yaaa emang gitu, mau dikasih uang berapapun tetap aja akan habis, mau itu dalam jumlah yang kecil maupun besar.

Kenapa demikian?

karena biasanya orang yang boros itu ketika dia punya uang dalam jumlah yang besar, cenderung dia akan membeli/menukar uang tersebut dengan barang yang lebih mewah/mahal dari sebelumnya. padahal itu barang ga butuh-butuh amat.

Jadi gimana nih, cara mangatasi keborosan?

dengan cara menjadi tipe orang yang Efisiensi terhadap uang.

Orang yang Efisiensi biasanya bisa melakukan lebih banyak hal ketimbang dengan orang yang boros.

Misalnya : 

kedua tipe orang tersebut memiliki uang dengan jumlah yang sama, katakanlah orang yang tipenya boros bisa melakukan 10 hal dengan uang tersebut.

sedangkan orang dengan tipe efisien dia bisa melakukan lebih dari 10 hal dengan jumlah uang yang sama.

Lah!! kok Bisa???

bisa dong, orang yang efisiensi melihat sesuatu itu penuh dengan pertimbangan dan logika (bukan berarti dia pelit ya), misalnya :

- kenapa kita harus mengganti Hp "B" kalau masih bisa HP "A"

- kenapa kita harus menghidupkan banyak Lampu kalau bisa 1 Lampu. dan lain sebagainya.

jangan pula Over Efisien ya, itu juga ga bagus.

terus gimana dong caranya jadi orang yang efisien terhadap uang?

Cukup mudah, bermain dengan uang itu layaknya seperti kita bermain GAME, ada caranya, ada strateginya, kalau kita ngerti strateginya ya kita akan memenangkan GAME tersebut.

Begitupun dengan uang, kita harus tau caranya, harus ada strateginya.

Apa dong strateginya?

Strateginya ya dengan cara kita mengatur atau merencanakan keuangan kita dengan baik.

Trus perencanaannya seperti apa?

Merencanakan keuangan itu banyak metodenya, salah satu yang akan kita bahas kali ini adalah 50/30/20 Principle.

Apa itu, gimana cara kerjanya coba jelaskan?

Langsung aja kita masuk ke metodenya!


50/30/20 Principle


ini merupakan metode perencenaan keuangan dengan cara membagikan pendapatan kalian kepada tiga prinsip, yaitu:
  1. 50% = untuk Living (kebutuhan Pokok)
  2. 30% = untuk keinginan/lain-lain
  3. 20% = untuk Tabungan dan di investasikan
Cara ini juga sering disebut sebagai “The Balance Money Formula” 
Bagaimana tidak dengan metode ini, selain kita bisa menabung, bersedekah, punya dana darurat kita juga masih bisa sedikit menikmati kemewahan dari hasil jerih payah kita dalam mencari uang.

Teori doang! penerapannya dong gimana?
Langsung aja kita penerapannya kalau gitu

Cara penerapan 50/30/20 Principle


Sebelum kalian terapkan metode ini, pertama kali yang harus kalian lakukan adalah menghitung pedapatan kalian per bulan itu berapa. Kemudian baru kalian bagikan ke tiga prinsip tadi yaitu 50/30/20.

Ga ngerti, contohin napa?

Heheee.. ok, Jadi biar teman-teman tidak kebingunngan, kita buat study kasusnya aja sekalian ya.

Kita bikin profil aktornya dulu ya. Ahahhaa

  • Namanya : RAMBO
  • Usia : 25 tahun
  • Status : Lajang (tapi ga jomblo ya, ga kek kalian) hehehee
  • Pendapatan /bulan : Rp2.500.000
  • Dan masih tinggal sama orang tua

Nah!! Karena Si RAMBO ini mau menerapkan hasil pendapatannya tersebut kedalam metode 50/30/20 principle

Sehingga, untuk memudahkannya dalam menghintung, dibuatkanlah kedalam tabel berikut.

50/30/20 PRINCIPLE

1

LIVING (KEBUTUHAN POKOK)

Rp 1.250.000

50%

2

KEINGINAN/DLL

Rp 750.000

30%

3

TABUNGAN DAN INVESTASI

Rp 500.000

20%

TOTAL

Rp 2.500.000

100%



Sekarang si RAMBO udah tau nih! Kalau uangnya sudah di alokasikan ke tiga tempat dengan jumlah yang berbeda, selanjutnya dia per detail lagi tuh, satu per satu kira-kira uang itu mau dipakai buat apa aja.

Dia mulai dari yang pertama dulu, yaitu

LIVING (KEBUTHAN POKOK) = Rp 1.250.000


Seperti yang sudah teman-teman ketahui bahwa uang Living itu digunakan untuk kebutuhan pokok . Misalnya buat makan, bayar listrik, bayar cicilan, bayar hutang, jajan anak, dll

Uang ini udah pasti habis karena akan dipakai selama satu bulan kedepan.

Nah dikasus ini rambokan masih lajang dan kebutuhannya mungkin masih terbilang ringan karena belum ada tanggungan (buat yang udah berkeluarga tinggal di sesuaikan aja ya sesuai kebutuhan kalian).

Ok!! Kita lanjut lagi Cerita Rambo nya ya? (Rambo ini ga suka berperang, dia cuma suka duit).wkwkkwww

Lanjut : Uang Rambo untuk LIVING itu jumlahnya Rp 1.250.000. dia juga harus ingat kalau uang itu dipakai untuk kebutuhan satu bulan kedepan. 

Sehingga untuk memudahkan Rambo dalam mengelola uang tersebut, dia bikin tabel lagi.

PENGELUARAN : LIVING (KEBUTUHAN POKOK) RAMBO

1

Bantu orang tua: bayar listrik, cicilan panci, dll

Rp 300.000

2

Kasih ke orang tua

Rp 200.000

3

Beli Kuota

Rp 100.000

4

Keperluan Kamar Mandi, Sabun, Shampo, dll

Rp 100.000

TOTAL

RP 700.000


UANG LIVING

RP 1.250.000

TOTAL PENGELUARAN LIVING

RP 700.000

SISA

RP 550.000


Sejauh ini Rambo masih punya pegangan didompetnya sebesar Rp 550.000. jadi Rambo harus hati-hati dalam pengguanan uang tersebut, karena itu adalah uang bulanannya (harus bertahan sampai bulan depan gajian).

Itu baru pengeluaran untuk Living (kebutuhan Pokok), sekarang Rambo akan membuat tabel untuk pengeluaran keinginannya, kira-kira apa saja. juga tabel untuk tabungan dan investasi


PENGELURAN: KEINGINAN/DLL = Rp 750.000


Ini adalah pengeluaran bulanan untuk keinginan kalian, setiap orang punya keinginan yang berbeda. kebutuhan inipun setiap bulan bisa berubah-ubah sesuai dengan apa yang di inginkan tiap bulannya. 

Kebutuhan ini biasanya tidak begitu penting tapi di inginkan, misalnya seperti : beli Skincare, pengen ganti hp, mau jalan-jalan dan lain sebagainya

Tapi menurut saya kalau bisa dipergunakan seefisien mungkin.

PENGELUARAN: KEINGINAN/DLL

1

Beli Pakaian

Rp 500.000

2

Dana Darurat

Rp 100.000

3

Sedekah

Rp 150.000

TOTAL

Rp 750.000


Misalnya kek sirambo nih, selain memuaskan dirinya dengan membeli pakaian, sisanya dia lebih milih buat bersedekah, dan nyiapin dana darurat untuk dirinya. Inikan jauh lebih berkah rasanya ketimbang dihabiskan untuk hal-hal yang kurang berfaedah.

Dan 1 lagi yang perlu dicatat bahwa dengan merencanakan keuangan yang detail seperti ini bukan berarti kita harus pelit ya?, apa lagi untuk bersedekah, ini sangat penting, jangan pernah takut untuk bersedekah.

kalau kalian punya rezeki lebih, bersedekahlah yang lebih banyak. karena dengan bersedekah dapat membuka pintu rezeki buat kita, sehingga dapat menambah penghasilan juga buat kita. 

Gittoh pola pikirnya brooo!!. hehhee

Oh iya, untuk Dana Darurat sebulan sekali rutin aja dimasukin, sampai maksimal mungkin kalau kamu masih lajang sepertinya 500 ribu apa Sejuta gitu cukup kayanya, buat jaga-jaga aja, ga taukan tiba-tiba jatuh sakit. Trus ga lucu juga kalau ga ada duitnya. Masa iya, lagi sakit harus nyari duit dulu buat berobat. 

Kan TholoOooL itu namanya, ahhahaaa

Yah kepanjangan disini!!

Kan masih ada uang tabungan yang belum kita bahas.

Lanjut lagi


TABUNGAN/INVESTASI = Rp 500.000


Dengan penghasilan Rp 2.500.000 /bulan, selain kita masih bisa Bersedekah, Nyiapin Dana Darurat kita juga masih bisa menabung dan berinvestasi tanpa harus diberatkan dengan banyak hal lain, di karenakan semua hal tersebut yang diperlukan sudah terpenuhi dengan baik. Seperti Living, dan keingin semuanya udah kita atur.

Uang tabungan ini setiap bulan terus rutin ditabung tiap bulan terus bertambah dan jangan pernah dipakai sebelum tercapainya tujuan dari tabungan tersebut.

Menabung itu harus ada tujuannya, mau dipakai untuk apa, jadi setidaknya kalian akan lebih giat dalam bekerja sampai tujuan kalian tercepai.

Gimana? Sejauh ini mantap ga tuh?..

Yang harus teman-teman ketahui adalah, menabung ga harus banyak-banyak, yang penting konsisten.

Apa lagi diawal-awal mending saran saya dikit-dikit aja dulu, karena kalau sekaligus langsung kalian tabung semua, yang ada nanti, ditanggal tua kamu pasti akan Tarik uang tabunganmu lagi karena udah ga tahan ga ada uang. 

Tapi kalau bisa ditabung lebih banyak ya lebih bagus sih, ketimbang dihabiskan, ya mending ditabung.

Terus mungkin kalian akan bertanya, kapan kita kaya kalau duit segitu di tabung sebulan?

Nah!!

Ini menurutku pertanyaan yang kurang tepat.

Sebenarnya tujuan dari menabung itu kalau saya pribadi bukan untuk membuat diriku kaya, tapi setidaknya apa yang saya butuhkan bisa tercapai.

- Pengen hp = ada uangnya
- Mau beli laptop = ada uangnya
- Beli motor = ada uangnya
- Dan seterusnya

Karena untuk menjadi kaya itu juga tidak instan, butuh waktu, harus berusaha, kerja keras, dedikasi yang tinggi dan berikhtiar. Kecuali mungkin jadi afiator hehehee (itupun udah ditangkap kemaren).

Teman-teman harus tau juga, bahwa Menabung itu sangat erat kaitannya dengan durasi (waktu) semakin lama kalian menabung maka hasilnya akan semakin besar.

Maka dari itu menabunglah atau berinvestasilah sedini mungkin (kalau bisa sejak lahir/masih bayi ahahaaa) untuk mencapai kekayaan tersebut.

Kalau kalian merasa itu tabungan kecil, ya berarti cari penghasilan tambahanan untuk menambal tabungan tersebut sehingga menjadi lebih besar.

BACA JUGA :


Nah mungkin kira-kira seperti itu ya lebih kurangnya.

Satu lagi, kita hanya bisa memperbaiki apa yang ada dibawah kendali kita, seperti merencanakan sesuatu, belajar, berusaha untuk menjadi lebih baik dari kamaren dan sabagainya. Namun selebihnya kita serahkan kepada Yang Maha Kuasa.

Semoga artikel ini bermanfaat, sekali lagi saya ga ada niat untuk menggurui teman-teman, hanya sekedar berbagi atas apa yang saya tau.

Buat kalian yang mau berkomentar, scroll kebawah dan klik di LOAD COMMENT Nanti akan terbuka kolom komentarnya.

Kalau kalian mereasa artikel ini bermanfaat Jangan lupa untuk share artikel ini di sosial media kalian dan follow juga sosial media saya :

Instagram : @mukhlismjaLiL
Twitter : @mukhlismjaLiL
Terimakasih.
MUKHLIS MJ
MUKHLIS MJ Graphik Design And Blogger

Posting Komentar untuk "Cara mengatur Perencanaan keuangan bulanan"