Tips memilih Stock gambar yang bijak dan aman

Apa kabar sobat blogger, saya harap semuanya baik-baik saja dan sehat wal’afiat ya?. Ok, kali ini saya akan coba share sesuatu yang mungkin bermanfaat bagi sobat, yaitu tips dalam memilih Stock gambar yang bijak dan aman bagi para disainer grafis maupun para blogger.

pixabay.com

Dalam hal ini biasanya para desainer grafis ataupun para blogger pemula seringkali menggunakan gambar-gambar yang tidak jelas sumbernya, apakah gambar tersebut memiliki atribut berhak cipta ataupun tidak.

Perlu sobat ketahui bahwa menggunakan gambar yang mempunyai atribut berhak cipta itu tidak dibolehkan atau bisa terjerat hukum. Jika ketahuan menggunakan gambar yang mempunyai atribut berhak cipta sobat bisa dituntut ke pihak yang bersangkutan oleh para pemiliknya. namun Sobat juga bisa menggunakan gambar yang beratribut hak cipta tetapi, atas seizin pemiliknya.

ilustrasi

biasanya banyak diantara kita mau itu blogger ataupun disainer grafis atau siapapun itu, sering kali mencari gambar langsung dari kotak search egine google dan langsung mendownload gambarnya kemudian digunakan untuk kepentingannya, padahal gambar yang terdapat di hasil penulusaran Google tersebut kebanyakan bersumber dari website atau blog tertentu, bisa jadi gambar yang kita download tersebut memiliki atribut hak cipta.

google search egine

bagi para blogger yang sudah memometesi blognya dengan adsense biasanya kalian akan di banned apa bila ketahuan menggunakan gambar yang mempunyai atribut ber hak cipta. yang parahnya lagi pihak bloggerpun bisa-bisa menghapus blog kalian dengan alasan tidak mematuhi ketentuan yang berlaku.

Gunakan Gambar Komersial

Dikarenakan demikian saya merekomendasikan sobat untuk menggunakan gambar yang komersial. Apa itu Gambar komersial? Gambar komersial merupakan gambar yang bisa digunakan untuk kepentingan umum karena tidak memiliki atribut ber hak cipta. contohnya saja bagi para blogger, kalian bisa menggunakan gambar-gambar tersebut untuk keperluan dalam postingan artikel kalian supaya terlihat menarik dan menambah kualiatas artikelnya. Begitu pula bagi para disainer grafis yang selalu disibukkan mencari stock gambar untuk bahan editannya.

Siapa saja yang bisa menggunakan Gambar Komersial?

Dikarenakan definisi dari gambar komersial adalah untuk kepentingan umum, maka otomatis siapun dia bisa dong.. menggunakan gambar tersebut, akan tetapi Gunakanlah ditempat yang baik.

Apa kelebihan menggunakan Gambar Komersial?

Menggunakan gambar komersial tentunya akan ada keuntungan, diantaranya :
  • Bagi para blogger yang mau memonetesi adsense akan mudah diterima (dalam hal ini yang dimaksud adalah Gambar yang digunakan di postingan artikel akan lolos seleksi)
  • Bagi para disainer grafis kalian bisa membangun portfolio yang profesional ( dengan tidak menggunakan gambar ber hak cipta)
  • Yang menariknya lagi bagi disainer grafis kalian bebas menggunakan gambar tersebut untuk kepentingan dalam mengikuti kontes-kontes tertentu seperti www.99design.com dan lain sebagainya
  • Gambar yang kita gunakan tentu saja akan selalu awet di tempatnya, tanpa harus menghapus dan gonta ganti gambar karena telah ketahuan oleh pemilik gambar tersebut
  • Situ-situs atau website yang menyediakan gambar komersial biasanya gambar yang di upload itu Hight Definition (HD) alias resolusi tinggi

itulah yang dapat saya bagikan buat sobat hari ini semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan ataupun masukan untuk artikel ini silahkan tulis dikotak komentar yang ada dibawah.


Share this